Sabtu, 12 Januari 2013

BAB 11 PERANAN KOPERASI


Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan , Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1.   Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
2.    Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

1. Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
a.       Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
b.      Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
c.       Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
d.      Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna




2.Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya pasar monopolistik :
a.       Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
b.       Produk yang dihasilkan tidak homogen
c.       Ada produk substitusinya
d.       Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
e.       Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya

3. Koperasi Pasar Monopsoni
ada penjual banyak tetapi hanya ada satu pembeli.




4. Koperasi Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar.  Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu dan bentuk produk.

Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli
•        Penawaran Harga yang bersifat Predator
•        Price Leadership :
            - Price Leadership oleh Perusahaan dengan Biaya Terendah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar