Peranan
Koperasi di berbagai keadaan persaingan , Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2 macam :
1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect
competitive market).
2. Pasar
dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli,
Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
1. Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect
competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna :
a. Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
b. Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
c. Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
d. Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2.Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya pasar monopolistik :
a. Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
b. Produk yang
dihasilkan tidak homogen
c. Ada produk substitusinya
d. Keluar atau
masuk ke industri relatif mudah
e. Harga produk
tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya
3. Koperasi
Pasar Monopsoni
ada penjual
banyak tetapi hanya ada satu pembeli.
4. Koperasi Pasar Oligopoli
Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang
menguasai pasar. Dua strategi dasar
untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu
dan bentuk produk.
Koperasi dengan Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli
• Penawaran Harga yang bersifat Predator
• Price Leadership :
- Price Leadership oleh
Perusahaan dengan Biaya Terendah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar