Selasa, 05 Mei 2015

Bab 4 Akuntansi Komparatif Amerika dan Asia



BAB 4
AKUNTANSI KOMPARATIF AMERIKA DAN ASIA
Kedua negara tersebut merupakan pendiri Komite Standar Akuntansi Internasional ( International Accounting Standards Committee), sekarang menjadi Dewan Standars Akuntansi Internasional (IASB- International Accounting Standards Bords), dan mereka juga memiliki peraturan utama dalam menjalankan agenda IASB.
Perbaikan-perbaikan tersebut telah menjalar hingga argentina, Cile, Meksiko, serta Peru. Pada tahun 1994 North American Free Trade Agreement (NAFTA) (perjanjian Perdagangan Bebas Amerika utara) menciptakan minat baru yang besar pada Akuntansi Meksiko diKanada, Amerika Serikat dan negara lainnya.
Perbaikan yang dimulai pada 1991 telah menghasilkan trasformasi perekonomian yang baik di india dan kebanyakan peneliti merasa bahwa pada decade dan pertengahan selanjutnya akan muncul perubahan yang dramatis. Meksiko dan india merupakan negara kapitalis akan tetapi dengan tekanan pemerintah pusat serta kepemilikan pemerintah terhadap industri-industri penting.
LIMA SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN NASIONAL









Amerika Serikat
Meksiko
Jepang
Cina
India

Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan, akan tetapi yang menjadi penyokong kewenangan terhadap standarisasi mereka adalah agensi kepemerintahan Komisi Keamanan dan Kurs
sebelum penaklukan Spanyol pada tahun 1550-an. Meksiko merupakan rumah bagi bermacam kebudayaan, termasuk Olmec, Maya, Toltec dan Azterc. Hernando Cartas menaklukan Meksiko pada tahun 1521 serta menemukan koloni Spanyol yang telah ada selama 300 tahun.
Pembukuan dan laporan keuangan Jepang menggambarkan adanya percampuran dari pengaruh domestik dan internasional. Dua agensi pemerintahan yang terpisah memiliki tanggung jawab regulasi akuntansi, dan terdapat pengaruh yang lebih jauh
pada akhir tahun 1970-an , pemimpin Cina mulai menggerakkan ekonomi dari program terpusat gaya soviet menuju sistem yang telah berorientasi pasar namun masih dalam kendali partai komunitas ekonomi Cina saat ini digambarkan sebagai ekonomi hibrid.
India berada dibelahan benua Asia Selatan dan Pakistan di sebelah barat, Cina,Nepal dan Bhutan di sebelah utara dan bangladash sebelah timur. Dari 1947 sampai terakhir 1970-an, digolongkan dengan beragamnya program sosialia pemerintah terpusat dan industri pengganti barang impor.













regulasi dan Pelaksaan Akuntansi
Sistem yang dianut Amerika Serikat tidak memiliki persyaratan legal untuk publikasi mengenai laporan audit periodik keuangan. Setiap negara bagian memiliki peraturan dasar perusahaan tersendiri. Secara umum, peraturan tersebut mengandung persyaratan minimal untuk menjaga catatan akuntansi serta publikasi
Mexican Commercial Code dan hukum  pendapatan  pajak mengandung persyaratan untuk menjaga kumpulan data pembukuan tertentu dan mempersiapkan laporan keuangan, akan tetapi pengaruh mereka terhadap laporan keuangan secara umum tidaklah besar.
Regulasi akuntansi berdasarkan pada tiga badan hukum: undang-undang perusahaan (company law), undang-undang pertukaran dan sekuritas ( Securitias and exchange low), dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan (Corporate Income Tax Low).
pada tahun 1992, Departemen Keuangan mengeluarkan Accounting Standars For Business Entererises (ASBE). Komite Standars Akuntansi Cina telah didirikan pada thaun 1998. sebagai lembaga berwenang dalam departemen keuangan yang bertanggung jawab
Akta perusahaan 1956 diatur dan diperbarui oleh agen pemerintah. Departemen Urusan Perusahaan, The Institute of Chaetered Accountantas of India yang didirikan pada tahun 1949 mengatur izin profesi akuntansi dan bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi dan profesi audit.












Laporan Keuangan
 1.Laporan Manajemen
2. Laporan Auditor Independen
3. Laporan Keuangan Primer
4. Diskusi manajemen dan analisa hasil operasional dan kondisi keuangan
5. Penjelasan mengenaikebijakan akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan
6. Catatan atas laporan keuangan
7. Perbandingan data keuangan selama 5 atau 10 tahun
8. Data triwulan terpilih
1.Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan perubahan ekuitas pemegang saham
4. Laporan perubahan posisi keuangan
5. Catatan
 1.Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan atas perubahan ekuitas pemegang saham
4. Laporan bisnis
5. Jadwal terkait
 1 Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan arus kas
4. Laporan perubahan ekuitas
5 Catatan
 1.Neraca dua tahun
2. Laporan Laba Rugi
3.  Laporan Arus Kas
4. Kebijakan Akuntansi dan Catatan















Patokan akuntansi
Penggabungan bisnis dihitung seperti sebuah pembelian, Aset berwujud dan tidak berwujud dinilai dengan harga perolehan,Persediaan menggunakan metode FIFO, LIFO dan Average, LIFO digunakan untuk tujuan kepentingan pajak, Penyusutan dan amorrtisasi  ditentukaan dengan estimasi umur ekonomis
Bisnis gabungan menggunakan metode pembelian, Aset berwujud/tidak berwujud didepresiasi atau diamortisasi  berdasarkan masa manfaatnya, Sewa guna usaha termasuk ke dalam financial lease atau operational lease, Kerugian bersyarat diakui ketika mungkin terjadi dan dapat diukur
Undang-undang perusahaan membutuhkan perusahaan besar untuk mempersiapkan laporan keuangan gabungan. Akun perusahaan pribadi, Metode Pooting of interest (penyeatuan saham) untuk bisnis gabungan.
Penggabungan usaha dicatat menggunakan metode pembelian, Goodwill Metode ekuitas, Harga Perolehan, Fifo dan rata-rata adalah metode pembiayaan yang bisa diterima dan persediaan ditulis dalam penurunan harga dan keusangan.
Metode penyatuan bunga (pooling) digunakan bagi perusahaan marger ( amalgamo tions), Goodwill juga dikaji ulang untuk penurunan nilainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar