Selasa, 05 Mei 2015

Bab 3 Akuntansi Komparatif




Bab 3
AKUNTANSI KOMAPARATIF
            Pengetahuan khusus tentang akuntansi dalam sebuah negara diperlukan untuk menganalisis laporan keuangan negara tersebut. Pada lima anggota Uni Eropa (UE), Republik Ceko, Prancis, Jerman, Belanda dan Inggris. Prancis, Jerman dan Belanda merupakan anggota asli masyarakat Ekonomi Eropa ( European Economic Community) ketika oraganisasi tersebut didirikan pada tahun 1957. Keempat Negara tersebut merupakan beberapa pendiri International Accounting Standardas Commutte ( sekarang lebih dikenal dengan International Acounting Standars Boord, atau IASB), dang memiliki peranan penting dalam mengatur agendanya. Republik Ceko merupakan sebuah Negara dengan perekonomian yang “berkembang”. Pada tahun 1989 saat anggota blok soviet telah pecah, Negara ini berubah dari sebuah ekinomi terencana menjadi ekonomi pasar. Perkembangan akuntansi dinegara tersebut merupakan gambaran dari Negara-negara lain dalam blok soviet, Republik ceko bergabung dalam Uni Eropa pada tahun 2004.   
Beberapa pengamatan tentang standar dan praktik akuntansi
            Standar akuntansi merupakan regulasi atau peraturan yang mengatur pengolahan laporan keuangan. Susunan standar merupakan proses perumusan standar akuntansi. Jadi, standar akuntansi merupakan hasil dari susunan standar.  Tiga alas an untuk hal ini : pertama, dibanyak Negara hukuman untuk kegagalan dengan pernyataan akuntansi resmi dianggap lemah atau tidak efektif. Kedua, perusahaan bisa dengan sukarela melaporkan lebih banyak informasi daripada yang diharapkan. Ketiga, beberapa negara mengizinkin perusahaan  untuk keluar dari jaur standar akuntansi jiaka hal ini tersebut bisa menggambarkan hasil operasi dan posisi keuangan perusahaan dengan lebih baik.
Sector umum meliputi perwakilan-perwakilan seperti petugas pajak, perwakilan pemerintah yang bertanggung jawab atas hukum komersial dan komisi keamanan. Perbedaan ini berlaku dalam susunan standar yang dalam sector, swasta cukup berpengaruh dalam kewajaran pengajian dinegara hukum berevaluasi, sedangkan sector public relative lebih berpengaruh pada pemenuhan legal di negara hukum nerkode Auditor. 
IFRS dalam uni eropa
Kecenderungan dalam laporan keuangan menghadap ke arah kewajaran penyajian, setidaknya bagi laporan keuangan gabungan. Pada tahun 2002, Uni Eropa menyetujui sebuah aturan akuntansi yang mengharuskan semua perusahan Uni Eropa yang terdaftar dalam sebuah padar resmi untuk mengikuiti IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dimulai pada tahun2005.
            Laporan keuangan
                        Laporan keuangan IFRS terdiri dari neraca gabungan, laporan laba rugi, laporan kas, laporan perubahan ekuitas dan catatan penjelasan. Ungkapan catatan mencakup:
-          Kebijakan akuntansi yang diikuti
-          Penilaian yang dibuat oleh manajemen dalam menerapkan kebijakan akuntansi sangat penting
-          Asumsi utama mengenai masa depan dan sumber-sumber penting tentang ketidakpastian estimasi
Penggabungan didasarkan pada control, yang merupakan  kekuatan untuk mengatur kegiatan keuangan dan operasi entitas lain. IFRS bisa dikesampingkan hanya dalam keadaan yang sangat jarang mencapai kewajaran penyajian.
Patokan akuntansi
·         Goodwill
·         Asosiasi
·         Pengaruh yang signifikan
·         Mata uang fungsional
·         Provisi
·         Kewajiban bersyarat
Sistem Akuntansi Keuangan Lima Negara









Perancis
Jerman
Republik Ceko
Belanda
Inggris


Prancis merupakan penyokong utama dana dalam keunagn akuntansi nasional. Akuntansi Prancis sangat berhubung dengan ketentuan yang memungkinkan untuk menyabarkan faktor bahwa legislasi komersial dan undang-undang perpajakan yang mengatur banyak akuntansi dan laporan keuangan prancis yang sebenarnya. dasar utama uantuk regulasi akuntansi adalah Undang-undang Akuntai 1983 dan Dekrit Akuntansi 1983.
iklim akuntansi Jemman terus berubah semenjak akhir perang Dunia 2. Pada masa itu, akuntansi bisnis menenkankan daftar akun nasional dan sksional. Pada awal tahun 1970-an, Uni eropa mulai mengeluarkan perintah pengelarasannya, dimana negara-negara anggotanya diwajibkan untuk menggabungkan diri dengan undang-undang nsionalnya.
republik Ceko (CR) terletak di Eropa Tengah dan berbatasan dengan Jerman disebelah barat dan barat laut, Austria iselatan, Republik Stovaksa ditimur dan Polandia di utara. Wilayahnya merupakan bagian dari kerajaan Astro-Hungaria selama hampir 300 tahun, dipimpim oleh monarlia Austria, Hopoporgs.
Belanda memiliki undang undang akuntansi dan persyaratan laporan keuangan yang cukup bebas tapi standar praktik profesional yang sangat tinggi. Belanda merupakan sebuah negara hukum, namun akuntansi dioretasikan kearah kewajaran penyajian.
Akuntansi di inggris berkembang sebagai sebuah ilmu tunggal, secara pragmatis merespon terhadap kebutuhan dan praktis bisnis. Sejak tahun 1970-an sumber paling penting untuk pengembangan dalam undang-undang perusahaan adalah Eudorectives.

Regulasi dan Pelaksanaan Akuntnsi
5 perusahaan besar yang dalam Pengusunan standar:           1.Counsell National de la Comptabilite atau CNC (Badan Akuntansi National 
 2.Comite de la Reglementation Comptable or CRC (Komite Regulasi Akuntansi)
 3. Autorite des Marches Financiers or AMF (Otoritas Pasar Keuangan)
4.Orde des Experis-Comptables or OEC (Ikatan Akuntan Publik)
    5.Compagnie Nationale des Commisaires aux Comples or CNCC (Ikatan Auditor Kepatuhan Natsional).
sebelum tahun 1998, Jerman tidak memiliki fungsi penyusunan standar akuntansi keuangan, karena hanya dipahami oleh negara-negara yang berbahasa Inggris. Penerimaan Instituts memberikan konsultasi tentang beragam proses pembuatan undang-undang yang mempengaruhi akuntansi dan laporan keuangan, tetapi persyaratan hukum.
Commercial Code yang baru dibuat oleh parlemen Ceko pada tahun 1991 dan mulai efektif pada 1 Januari 1992. Dipengaruhi oleh akar undang-undang perdagangan Austria yang lama dan mencontohkan pada undang-undang perdagangan Jerman,Commercial Code memperkenalkan sejumlah legislasi dasar yang berhubungan dengan bisnis.
Regulasi akuntansi dibelanda tetap bersifat liberal hingga munculnya act on annual financial statement pada tahun 1970. Isi ketentuan undang-undang tahun 1970 adalah:
- Laporan keuangan tahunan harus menunjukkan gambaran yang jelas dari posisi keuangan dan hasil tahun
- Laporan keuangan harus disusun berdasarkan praktik bisnis yang aman
- Dasar dasar untuk penulisan aset dan utang serta untuk menentukan hasil operasi harus diungkapkan
- Laporan keuangan harus disusun pada dasar yang konsisten
- Informasi keuangan komparatif untuk periode terdahulu.
2 sumber utama untuk standar akuntansi keuangan adalah undang-undang perusahaan dan profesi akuntansi. Undang-undang tahun 1981 juga menetapkan 5 prinsip akuntansi dasar:                                  1. Pendapatan dan beban disesuaikan dengan dasar akrual
2. Aset dan kewajiban individu dalam setiap golongan aset dan kewajiban dihitung secara terpisah
3. Prinsip konservatisme diterapkan, khususnya dalam pengenalan penghasilan yang didapat
4. Penerapan kebijakan akuntansi yang konsisten diharuskan dari tahun ke tahun
5. Prinsip perusahaan yang terus berjalan bisa diterapkan untuk entitas yang sedang dihitung









Laporan Akuntansi
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Catatan atas laporan keuangan
4. Laporan direktur
5. Laporan auditor
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Catatan
4. Laporan manajemen
5. Laporan auditor
 1. Neraca
2.  Akun keuntungan dan kerugian (laporan laba rugi)
3.  Catatan
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Catatan
4. Laporan direktur
5. Informasi lain yang sudah ditentukan
1. Laporan direktur
2. Akun laba dan rugi serta neraca
3. Laporan arus kas
4. Laporan keseluruhan laba dan rugi
5. Laporan kebijakan akuntansi
6. Catatan yang direferensikan dalam laporan keuangan
7. Laporan auditor







Patokan Akuntansi
Perusahaan perusahaan prancis yang terdaftar mengikuti IFRS dalam laporan keuangan gabungan mereka, dan perusahaan yang tidak terdaftar. Aset-aset berwujud biasanya dihitung berdasarkan nilai perolehan. Walaupun revaluasi diperbolehkan, tetap dikenakan pajak sehingga jarang ditemukan dalam praktinya.
1. Metode Akuisisi (pembelian)
2. Goodwill dikapitalisasi atau diamortisasi.
3. Aset berwujud dan tidak berwujud dinilai berdasarkan biaya.
4.Persediaan dinilai pada biaya rendah (FIFO) atau metode rata-rata.
5. Biaya riset dan pengembangan dikapitalisasi.
1. Metode Akuisisi (pembelian)
2.  Goodwill dikapitalisasi atau diamortisasi.
3.  Aset berwujud dan tidak berwujud dinilai berdasarkan biaya.
4.Persediaan dinilai pada biaya rendah (FIFO) atau metode rata-rata.
5.Pajak penghasilan yang ditangguhkan diberikan sepenuhnya untuk semua selisih sementara.
 1.Goodwill dikapitalisasi dan diamortisasi
2.Persediaan dinilai dengan FIFO, LIFO atau rata-rata
3. Semua asset tidak berwujud memiliki usia terbatas.
4.Biaya riset dan pengembangan hanya dikapitalisasi ketika jumlahnya bisa ditutup kembali
5. Pajak penghasilan yang ditangguhkan diakui berdasarkan konsep alokasi yang komprehensif.
1.Goodwill dikapitalisasi dan diamortisasi selama kurang dari 20 tahun
2.Aset-aset dihitung pada harga perolehan, biaya sekarang atau gabungan keduanya
3. Depresiasi dan amortisasi harus berhubungan dengan dasar perhitungan yang digunakan untuk asset-aset yang mendasarinya
4. Persediaan dihitung berdasarkan FIFO atau rata-rata
5. Pajak yang ditangguhkan dihitung menggunakan metode hutang dengan dasar provisi penuh untuk perbedaan berdasarkan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar